Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP

Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP
Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP

Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP
Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP
Ariefchrome - Hallo Sahabat Ariefchrome pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP dan sekaligus akan menjadi kabar baik bagi para Newbie PHP, untuk yang masih belajar tentang PHP Artikel Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP ini sangat membantu karna artikel ini nanti akan memuat isi tentan website yang menyediakan jasa untuk belajar script bahasa pemrograman yaitu PHP.

Meskipun Bahasa Pemrograman PHP sudah menginjak umur yang ke 22 tahun pada 2017 ini, nampaknya popularitas PHP tak akan redup pasalnya bahasa pemrogram satu ini semakin tahun semakin menunjukkan popularitas sebagai bagian dari bahasa pemrograman yang gahar.

Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP

Sejarah PHP

PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page (Situs Personal). Rasmus Lerdorf adalah penemu sekaligus pembuat dari bahasa pemrograman PHP ini tepatnya pada tahun 1995, Dahulu Bahasa Pemrograman PHP ini masih bernama Form Interpreted (FI), yang berupa Kumpulan Skrip yang dahulu digunakan sebagai untuk kebutuhan mengolah data formulir yang berasal dari WEB.

  • Kemudian Rasmus merilis Kode sumber untuk umum dan kemudian diberi nama PHP/FI
  • November 1997 PHP/FI 2.0 dirilis, di versi ini Interpreter dari bahasa pemrograman PHP sudah di implementasikan ke dalam Program C. Diversi ini sudah disertakan berbagai Modul Modul ekstensi yang fokus meningkatkan dari kemampuan PHP/FI dengan Signifikan.
  • Tahun 1997, Perusahaan yang bernama ZEND merekap ulang interpreter bahasa pemrograman PHP menjadi bersih, baik dan tentunya lebih cepat. dan akhirnya pada tahun 1998 Perusahaan Zend tersebut telah merilis interpreter baru untuk bahasa pemrograman PHP kemudian diresmikan menjadi PHP 3.0 dan Singkatan PHP juga diubah menjadi PHP (Hypertext Preprocessing).
  • Pertengahan Tahun 1997 Perusahaan Zend kembali merilis sebuah lanjutan dari Bahasa Pemrograman PHP di versi ini PHP dikenal dengan Sebutan PHP 4.0 dan versi ini menjadi yang paling banyak dipakai diawal abad 21. diversi ini bahasa pemrograman PHP Banyak diminati karna mempunyai kemampuan untuk membangun sebuah aplikasi web yang Kompleks dan untuk masalah kecepatan diversi ini tak berkurang dan ditambah mempunyai stabilitas tinggi.
  • Pada tahun 2004, Perusahaan merilis lagi lanjutan dari Bahasa Pemrograman PHP dan menamainya dengan PHP 5.0, pada versi ini ada perubahan yang signifikan dalam inti interpreter. dan pemrograman berorientasi objek telah dimasukkan ke dalam bahasa pemrograman ini dan semakin mengarah ke bahasa pemrograman sebagai paradigma berorientasi objek. dan server web juga ditambahkan di versi 5.4 dan akan mempermudah pengembang dalam menjalankan Kode kode PHP tanpa harus mengintal Software server terlebih dahulu.
  • Tahun 2017, Bahasa Pemrograman PHP saat ini telah sampai pada versi 7.0.16 dan 7.1.12 yang sudah diresmikan pada tanggal 17 Februari 2017

Pembatas Dalam Bahasa Pemrograman PHP

Dalam Bahasa Pemrograman PHP hanya akan mengeksekusi sebuah kode yang ditulis dalam pembatas sebagai yang ditentukan dari dasar syntax PHP. Apapun di luar pembatas tidak akan diproses oleh bahasa pemrograman PHP. Pembatas yang umum di PHP "<?php" digunakan untuk membuka dan "?>" digunakan untuk menutup kode PHP. Pembatas ini mempunyai tujuan sebagai pemisah kode PHP dari Kode luar PHP misalnya HTML, Javascript. (Baca juga: Situs seru dan banyak wawasan)

Variabel 

Variabel dari PHP diawali dengan Simbol seperti dollar $. diversi PHP 5 memperkenalkan beberapa isyarat yang berfungsi untuk menjadikan sebuah parameter objek dari class, Array atau Fungsi. dan untuk jenis petunjuk tidak bisa digunakan di jenis skalar seperti angka atau string. contoh Variable seperti ini $nama_variabel.

Untuk Penulisan Fungsi, Penamaan Kelas, nama Variabel peka dengan huruf besar dan juga huruf kecil. kutip ganda"" dari string akan memberikan kemampuan sebagai interpolasi dari nilai variabel didalam string PHP. Baris diterjemahkan sebagai spasi di PHP. kemudian pernyataan diakhiri dengan ; (Titik Koma).

Komentar

Bahasa Pemrograman PHP mempunyai 3 jenis sintaks yang digunakan sebagai komentar pada kode yaitu tanda blok / * * / , komentar 2 baris // dan tanda pagar # digunakan sebagai komentar satu baris. Komentar mempunyai tujuan untuk meninggalkan catatan di kode PHP dan tidak akan diterjemahkan ke program.

Fungsi

Ada Ratusan fungsi yang telah disediakan bahasa pemrograman PHPdan ribuan lainnya yang tersedia melalui dari berbagai ekstensi tambahan. fungsi-fungsi juga didokumentasikan kesebuah dokumentasi bahasa pemrograman PHP. Berikut adalah Sintaks fungsi :

function tampilkan($data="") // Mendefenisikan fungsi, "tampilkan" adalah nama sebuah fungsi
//Diapit oleh tanda kurung kurawal
    if($data) return $data;  else return 'Tidak ada data';       // Melakukan proses pengolahan data, contohnya melalui kondisi


echo tampilkan("isi halaman") // Menjalankan fungsi

Contoh Program

Contoh dibawah adalah Membuat Web yang dituliskan menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Sebagai berikut :

<?php
    echo "Halo dunia";

?>

Program Bilangan Fibonacci

Berikut ini adalah contoh program yang relatif lebih kompleks yang ditulis dengan menggunakan PHP. Contoh program ini adalah program untuk menampilkan 20 bilangan pertama dari deret bilangan Fibonacci. terdapat beberapa variable atau sintax. seperti function. itu merupakan bagian dari javascript.


<?php
function fibonacci_seq( $panjang ) {
   for( $l = array(0,1), $i = 2, $x = 0; $i < $panjang; $i++ ) {
        $l[] = $l[$x++] + $l[$x];
   }
   return $l;
}


fibonacci_seq(20);
// Angka "20" dapat diganti sesuai keinginan
?>

Kelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman Lain


Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:

Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan di mana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Tipe data


Ada 8 tipe dalam PHP :
1. Boolean
2. Integer
3. Float / Double
4. String
5. Array
6. Object
7. Resource
8. NULL

PHP Framework

PHP Framework adalah sebagai sebuah kerangka kerja yang disusun oleh berbagai komunitas pengembang web diseluruh dunia. Kerangka ini bertujuan untuk mempermudah dalam membuat sebuah aplikasi web kita sering menulis script PHP secara keseluruhan (konvensional) dan itu pun kita ulang pada halaman yang lain.

  • CakePHP
  • CodeIgniter
  • Laravel
  • PRADO
  • Symfony
  • Zend Framework
  • Yii
  • Akelos
  • QPHP
  • ZooP

untuk anda yang ingin belajar tentang bahasa pemrograman dan bila anda sudah menggunakan salah satu atau lebih dari framework PHP tapi ingin mengasah pemahaman dari bahasa pemrograman PHP murni (non framework),di bawah ini ada lima situs yang akan dapat membantu anda dalam belajar bahasa pemrograman PHP.

Ilmu Website

Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP
Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP

Ilmuwebsite.com 
AdalahWebsite dengan Pembelajaran yang cukup terkenal dengan materi belajar PHPnya. dan situs ini juga membua ebook belajar PHP.

Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP
Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP


Jagocoding


Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP
Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP

Jagocoding
Meruoakan Website yang berisikan tentang tutorial pemrograman yang berbasis lebih kepada social network. learn and share adalah cirikhas dari website tersebut. dan di web ini semua dari dasar, menengah, maupun yang level lebih tinggi juga dapat belajar bersama. dan sekarang juga menurut Ariefchrome, pastikan juga bahwa anda sudah bagian dari web jagocoding.

PHPACADEMY

Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP
Kumpulan Situs Terbaik Untuk Belajar PHP

Kemudian untuk anda yang merupakan orang lebih mudah menyerap dari informasi dengan cara menonton video, maka phpacademy merupakan solusi dan pilihan utama. dan Anda dapat mengunjungi situs utamanya websitenya pada phpacademy.org ada juga di channel youtube.com/user/phpacademy.

Udemy


Udemy pada saat ini memiliki jumlah 64 video dari belajar PHP mulai dari belajar php dasar, belajar  php berorientasi objek, belajar php dan mysql, sampai ke framework terbaru. Untuk dapat menikmati dari video belajar bahasa pemrograman PHP tersebut, kita hanya perlu mendaftar di situs Udemy.com kemudian dapat memilih yang terdapat di daftar video belajar bahasa pemrograman PHP yang tersedia tanpa harus dipungut biaya sedikitpun melalui tautan ini. Dan Kemudian video di Udemy sebagian besar menggunakan bahasa Inggris.

Pada Web codecademy.com, kita bisa belajar bahasa pemrograman PHP dasar dan mulai dari pengenalan sintaks, struktur percabangan, pengulangan, array, fungsi, sampai object oriented PHP secara interaktif.

Kode-kode PHP yang kita tuliskan dibagian kode, akan muncul hasilnya secara otomatis dibagian preview. Fitur ini membantu kita untuk belajar sintaks PHP lebih cepat dengan hanya bermodalkan koneksi internet dan peramban web.

UPDATE TERBARU


Duniailkom Merupakan sebuah situs Belajar Ilmu Komputer. Duniailkom diperuntukkan bagi anda yang ingin sekali memperlajari tentang dunia ilmu komputer. Situs ini tidak hanya memberikan tutorial tentang bahasa pemrograman PHP saja tetapi juga bahasa pemrograman lainya misal seperti HTML, CSS, JavaScript, serta MySQL.

PENUTUP

Ariefchrome - Sekian artikel saya tentang Situs Terbaik Untuk Belajar PHP semoga dapat bermanfaat untuk anda, terimakasih...
Share This :
Terimakasih sudah berkunjung ke Ariefchrome. Silahkan Berkomentar dengan baik, Komentar Spam dan atau berisi Link Aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih