Ucapkan Selamat Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL)

Ucapkan Selamat Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL)
Ariefchrome - Hallo sahabat Ariefchrome pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang berjudul tentang Ucapkan Selamat Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL). Bagaiamana Sobat, apakah anda tahu apa itu Hari Korps? Apakah Sobat Juga pernah memberi ucapan selamat pada pahlawan pahlawan wanita?

     Pada kesempatan kali ini alasan kenapa ariefchrome membagikan artikel Ucapkan Selamat Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) ini karna ingin menumbuhkan rasa terimakasih atas apa yang telas diperjuangkan oleh pahlawan pahlawan wanita demi kedaulatan NKRI yang tentunya aman dan tertip.

     Namun Sebelum kita lebih jauh untuk memberi Ucapkan Selamat Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu hari Korps.
- Pengertian Kowal.
- Sejarah.
- Perwira Tinggi Kowal

Pengertian

     Kowal Merupakan Singkatan dari Korps Wanita Angkatan Laut pengertian adalah Sebutan untuk Para Prajurit Wanita TNI Angkatan Laut. Kowal Merupakan bagian dari Prajurit TNI Angkatan Laut, Dan untuk memperingati hari jadi Kowal tanggal 5 ditetapkan Sebagai Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL)

Sejarah


     Searah dengan pembangunan ALRI di tahun 1960-an, kebutuhan pada sektor tenaga Wanita di lingkup kedinasan Angkatan Laut Semakin meningkat, Dan Pembentukan Korps Wanita di jajaran Angkatan Laut (AL) berkaitan dengan aspek egisensi , yaitu bahwa ada beberapa sektor bidang tertentu yang sangat sesuai dikoordinir oleh kaum Wanita sesuai dengan kodrat nya, yang tegas, berwibawa dan tentunya sangat kompeten di bidang sektornya. 

      Adapun Ide pembentukan sebuah korps wanita Angkatan Laut dicetuskan oleh Komodor Yos Sudarso, direalisasikan oleh menteri/Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata dengan dikeluarkannya surat keputusan Men/Pangal No:5401.24 TGL 26 Juni 1962 tentang pembentukan Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) surat keputusan tersebut ditindak lanjuti dengan perekrutan dan pendidikan para calon anggota Kowal yang menghasilkan 12 orang Perwira Kowal.

     Pelantikan para anggota Kowal pertama tersebut dilakukan oleh Kasal Laksamana Muda RE Martadinata di Markas Besar Angkatan Laut jalan Gunung Sahari 67 Jakarta pada tanggal 5 Januari 1963, dan tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Kowal. saat ini sudah ada dua anggota kowal yang sudah mencapai level Perwira Tinggi. Laksamana Muda TNI Christina Maria Rantetana SKM MPH dan Laksamana Pertama TNI dr. Jeanne PMR Winaktu, Sp. BS.

Perwira Tinggi Kowal

Dibawah ini merupakan beberapa Daftar Perwira Korps Wanita yang berhasil Meraih bintang, Penasaran?  berikut ulasannya :

1. Laksamana Muda TNI ( Purn. )
Nama : Christina Maria Rantetana
SKM MPH (Jabatan terakhir : Staf Ahli Menkopolhukam RI Bidang Ideologi dan Konstitusi)

2. Laksamana Pertama TNI ( Purn. )
Nama : Dr. Jeanne PMR Winaktu, Sp. Bs
(Jabatan terakhir : Kepala Dinas Kesehatan TNI AL)

3. Laksamana Pertama TNI (Purn.) 
Nama : dr. Sulantari, Sp. 
THT-KL (Jabatan Terahkir : Kepala Rumah Sakit TNI AL dr. Ramelan Diskesal)

4. Laksamana Pertama TNI 
Nama : drg. Lita Agustia, MH.Kes.
(Jabatan : Kaladogi REM Diskesal)

5. Laksamana Pertama TNI 
Nama : dr. Janti Undari, MKK, MSi (Han)
(Jabatan : Kapusrehap Kemhan RI)

6. Laksamana Pertama TNI (Purn.) 
Nama : Dra. Chrisna Murtyani E, D. E. A.
(Jabatan : Pati Sahli Kasal Bid. Dokstraops)

7. Laksamana Pertama TNI
Nama : Sinoeng Hardjanti, S.H., M.Hum.,
(Jabatan : Anggota Kelompok Hakim Militer Utama Dilmiltama Mahkamah Agung)

8. Laksamana Pertama TNI
Nama : drg. R.A. Nora Lelyana, M.H., Kes 
(Jabatan : Kadiskesal)

9. Laksamana Pertama TNI (Purn.)
Nama : Dr. A.V.S. Suhardiningsih, S.Kp., M.Kes 
(Jabatan : Pati Sahli Kasal Bid. Sumda Hanneg)

10. Laksamana Pertama TNI
Nama : drg. Andriani, SP. Ort.,
(Jabatan : Wakil Kepala Pusat Kesehatan Wakapuskes TNI)


Selanjutnya silahkan kalain Ucapkan Selamat Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL) kepada para pejuang kita dengan cara kalian sendiri, bisa Upload Foto, video dan masih banyak cara yang lain untuk berterimakasih untuk pahlawan laut kita.

PENUTUP
Ariefchrome - Sekian artikel saya kali ini tentang Ucapkan Selamat Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL). Semoga rasa cinta kita kepada pahlawan senantiasa bertambah. semoga bermanfaat dan terimakasih..
 


Share This :
Terimakasih sudah berkunjung ke Ariefchrome. Silahkan Berkomentar dengan baik, Komentar Spam dan atau berisi Link Aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih